Halaman

09 Februari 2012

Blogger.com Berhak Mendapatkan Credit

Mungkin post kali ini tidak akan terasa penting bagi pengunjung sekalian. Tapi ini adalah pemikiran saya, bukan pemikiran Anda. Hehehe

logo Blogger.com

Saya baru mulai mendaftarkan akun ini di Blogger.com kemarin. Tapi sebenarnya saya sudah memiliki akun lain untuk kepentingan yang berbeda. Nah, ketika awal menulis di sub-domain blogspot.com saya merasa bahwa ada bagian yang kurang sedap dipandang dari blog yang saya kelola. Saya yakin banyak blogger lain yang merasakan hal yang sama. Bagian tersebut adalah navbar milik blogger yang tersemat di bagian paling atas dari blog. Apakah Anda juga termasuk yang tidak suka melihatnya?
:D

navbar Blogger.com yang (menurut saya seharusnya)
ada di bagian atas setiap blog dari Blogger.com

Banyak blogger yang kemudian memilih untuk menyembunyikannya dengan memasang atribut CSS tertentu pada bagian tersebut. Saya sendiri sich tidak melakukannya. Dan saya mendukung jika ada blogger yang tetap mempertahankannya.
Kenapa?


Terlepas dari wajib atau tidaknya blogger pemilik akun Blogger.com memasang navbar tersebut, berikut alasan saya:
  • saya yakin Blogger.com sendiri memasang navbar tersebut bukan tanpa alasan
  • navbar tersebut memudahkan blogger untuk masuk ke akun mereka
  • navbar tersebut memiliki fitur-fitur terintegrasi yang menurut saya pantas dipertahankan
    • Ikuti : sebenarnya dengan fitur ini kita tidak perlu lagi memasang widget Follower (kecuali ingin berbagi akun teman blogger)
      fitur "Ikuti" blog ini
    • Berbagi : fitur ini membantu kita berbagi mengenai blog ke Facebook dan Twitter
      fitur "Berbagi" blog ini
    • Laporkan Penyalahgunaan : ini alasan utama kenapa layak dipertahankan, penjelasannya terlalu panjang :D
  • Blogger.com berhak mendapatkan credit atas hosting blog kita.
    ayolah, berikan apa yang pantas diberikan kepada pihak yang pantas menerimanya :D
Itu sebagian alasan kenapa saya mempertahankan navbar blogger saya.

Saya yakin blogger yang memilih menyembunyikan navbar tersebut juga memiliki alasan masing-masing. Mungkin sebagian merasa lebih keren tanpa navbar, atau merasa hak kekayaan intelektualny atas desain template terganggu keberadaan navbar tersebut. Apapun alasan mereka, saya tetap menghargai.

Bagaimana dengan Anda?
Silakan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Salam hangat dari saya.

2 komentar:

  1. ahh aku jadi malu..aku kalo bikin template bloger pasti navbar'a dihapus :P .. habis krg trendy banget sih navbar'a, lagi pula aku merasa aku cm butuh naroh tombol follower aja, hihii..

    btw kalo berminat, ngetik.com lagi bagi2 subdomain ngetik.in / ngetik.net nih..bisa dipakai buat blogger..mungkin berminat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      memang tampilannya kurang trendy..
      tapi menurutku itu sudah cukup netral untuk dipakai di template manapun..
      #menurutku

      oh iya., aku sudah berkunjung di ngetik.com dan sempat liat post bagi-bagi subdomain..

      tapi waktu itu belum pakai akun ini..
      hehehe..

      ntar lagi langsung ke TKP..
      salam kenal :D

      Hapus

SHARE