Halaman

14 Februari 2012

Maaf Google, Saya Lebih Memilih Privasi :D

Beberapa hari ini saya sedang giat update artikel untuk beberapa blog yang saya kelola. Beberapa di antaranya mengenai tampilan dari template blog. Hehehe

Karena aktivitas tersebut, saya merasa perlu untuk memiliki tool yang dapat menangkap tampilan layar lebih banyak dari sekedar menggunakan Microsoft Office OneNote. Ya, selama ini saya menggunakan OneNote. Saya menggunakannya karena relatif mudah dalam seleksi area penangkapan gambar tampilan layar. Selain itu, software tersebut relatif ringan.

Saya baru merasa kurang ketika tidak semua tampilan yang saya harapkan muncul di layar netbook saya yang mini. Memang ada cara untuk mengakalinya, misal dengan menangkap gambar lebih dari satu kali. Maksud saya memotong tampilan menjadi beberapa bagian untuk kemudian digabung dengan tool image editor. Namun cara tersebut sangat tidak praktis.

Saya kemudian teringat satu tool yang disediakan oleh Google, yaitu Screen Capture (by Google). Tool ini merupakan ekstensi dari peramban Google Chrome. Dengan tool ini kita dapat menangkap tampilan penuh untuk laman yang sedang kita akses dari Google Chrome. "Ini yang saya butuhkan!", demikian yang saya pikirkan. Tapi kemudian saya menjumpai ini ketika hendak melakukan instalasi Screen Capture :

Screen Capture (by Google)


Wah, ternyata Google sangat tertarik dengan privasi saya. Saya pun mengurungkan niat untuk melakukan instalasi.

Saya tau bahwa mungkin saja penggunaan aplikasi lain yang telah saya lakukan juga memiliki konsekuensi yang sama. Namun bukankah lebih baik untuk menghindari resiko yang sudah jelas di depan mata?

Bukannya saya tidak percaya kepada Google. Saya sangat percaya, karena itu saya menggunakan banyak sekali kemudahan-kemudahan yang ditawarkan Google. Tapi sama halnya ketika saya percaya kepada seorang sahabat, pada saat yang sama saya juga masih membutuhkan privasi. Dan itulah yang hendak saya lindungi.

Mungkin lain kali ya Google.
Saat ini saya masih akan gunakan cara 'konvensional'.

Sahabatku, terima kasih atas tawarannya.

Itu pengalaman saya, bagaimana dengan Anda?
Silakan bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.
:D

Tambahan :
bagi yang belum jelas mengenai maksud kebijakan privasi tersebut, cek gambar berikut :

sumber :
http://support.google.com/chrome_webstore/bin/answer.py?hl=id&answer=186213&rd=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARE